Prestasi

Siswa SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh Wakili Aceh ke Tingkat Nasional di Lomba NSDC

BANDA ACEH – Mulia Aqsha, salah seorang siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh kelahiran Bireuen, 2 Februari 2007 bersama dua orang rekannya dari SMA Negeri 3 Banda Aceh, Raisa At Thahira dan Muhammad Zawil Wafa Al Hafizh dari SMAS Fatih Bilingual School Banda Aceh berhasil mewakili Aceh ke tingkat nasional.

Kepastian itu setelah dewan juri mengumumumkan lomba National School Debating Championship (NSDC) tingkat provinsi Aceh yang di selenggarakan selama dua hari dari tanggal 28 sampai 29 Mei 2024 di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh yang menempatkan kota Banda Aceh sebagai juara satu.

Lomba NSCC 2024 jenjang SMA itu ditutup oleh Kadisdik Aceh, Marthumis ST DEA diwakili Sekdisdik, Fachrial SPt MSi di Aula Disdik Aceh, Rabu (29/5/2024).

Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Dr Anwar MEd mengucapkan selamat kepada salah seorang siswa yang juga sedang mengikuti proses seleksi Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

“Mulia Aqsha merupakan salah seorang perwakilan Aceh pada ajang NSDC tahun 2023 lalu yang diselenggarakan di Yogyakarta,” kata Anwar.

Selain itu disebutkannya, Aqsha, M Zawil Wafa dari SMA Swata Fatih Bilingual School Banda Aceh juga merupakan juara bertahan NSDC tingkat Provinsi Aceh tahun 2023.

Sementara Raisa At Thahirah, siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh adalah pendatang baru yang mengikuti NSDC tingkat Provinsi.

“Uniknya, meskipun baru mengikuti seleksi tingkat provinsi tahun ini, Raisa bisa menyabet nilai tertinggi sebagai juara satu best speaker pada salah satu ajang bergengsi yang setiap tahun diadakan oleh Badan Prestasi dan Talenta Indonesia (BPTI) ini,” sebut Anwar.

Kepala SMA Negeri Fajar Harapan mengungkapkan, lomba NSDC ini merupakan salah satu ajang bergengsi hingga tingkat nasional yang mahir berbahasa Inggris.

Katanya, bukan mahir Berbahasa Inggris saja, namun dalam mempresentasikan debat perlu wawasan yang luas dan keberanian siap tampil.

Anwar menambahkan, Mulia Aqsha merupakan salah seorang siswa SMA Negeri Fajar Harapan yang memiliki talenta hingga telah mewakili Aceh ke tingkat nasional.

“Selamat berlomba kepada siswa terbaik perwakilan Provinsi Aceh yang akan memgikuti event di tingkat nasional pada tanggal 17 sampai 24 Juni 2024 di Jakarta nantinya,” ucap Anwar.