Prestasi

Raih Juara Satu NSDC Tingkat Provinsi, Siswa Banda Aceh Tampil di Nasional

Kadisdik Aceh, Marthunis ST DEA diwakili Sekdisdik, Fachrial SPt MSi pada saat penutupan, Rabu (29/5) menyampaikan, saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa asing dan kemampuan berkomunikasi harus didukung dengan kemampuan analitis serta berpikir kritis.

Tiga orang siswa dari Kota Banda Aceh berhak tampil ke tingkat nasional. Pasalnya, mereka keluar sebagai juara satu tingkat provinsi pada lomba National Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh.

Kegiatan lomba yang diikuti 23 kabupaten/kota itu berlangsung selama dua hari, dari tanggal 28 sampai 29 Mei 2024 di Aula Disdik Aceh.

Kadisdik Aceh, Marthunis ST DEA diwakili Sekdisdik, Fachrial SPt MSi pada saat penutupan, Rabu (29/5) menyampaikan, saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa asing dan kemampuan berkomunikasi harus didukung dengan kemampuan analitis serta berpikir kritis.

“Kompetisi debat bahasa asing yakni National Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA tingkat Provinsi Aceh tahun 2024 merupakan salah satu wadah yang disediakan untuk mendukung bakat minat peserta didik dalam bidang debat Bahasa Inggris,” ujar Fachrial.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua peserta, guru pendamping, kepala sekolah, Kacabdisdik Wilayah dan dewan juri yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Terkhusus katanya, kepada Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).SMA Provinsi Aceh yang diketuai oleh, Muhibbul Khibri MPd yang telah menginisiasi suksesnya kegiatan ini.

“Selamat kepada para juara dan jangan jumawa dan yang belum meraih juara kalian adalah duta terbaik dari daerah masing-masing, khusus bagi tim juara satu akan mewakili Aceh ke tingkat nasional pada 19 hingga 24 Juni 2024 mendatang di Jakarta,” ucap Fachrial.

Secara tepisah, Ketuan MKKS SMA Provinsi Aceh, Muhiibul Khibri menyampaikan, sangat mengapresiasi suksesnya lomba NSDC ini, Terimksh kepada Disdik Aceh yang meberikan dukungan luar biasa sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan kancar.

“Persaingan menjadi yg terbaik adalah kebanggaan kita semua, kami terus nemberikan motivasi kepada anak anak hebat yg akan mewakili Aceh ke tingkat nasional,” kata Muhibbul.

Dewan juri pada lomba NSDC terdiri dari tiga orang akademisi Universitas Syiah Kuala masing-masing, Dr Kismullah MApp Ling, Dr Muhammad Aulia MTESOL MA dan Nudzran SPsi MPsi.

Adapun juara satu NSDC tahun ini diraih dari tim Kota Banda Aceh atas nama, Raisa At Thahira (SMAN 3 Banda Aceh, Mulia Aqsha (SMAN 10 Fajar Harapan) dan Muhammad Zawil Wafa Al Hafizh (SMAS Fatih Bilingual School).

Sedangkan juara dua dari tim Kota Subulussalam asal sekolah SMA Dayah Perbatasan Minhajussalam atas nama Khairunnsa Br. Nasution, Enmiya Zahra Gadiza Kombih dan Riska Fadillah.

Bagi tim SMA Negeri Modal Bangsa Kabupaten Aceh Besar harus puas menempati juara tiga terdiri dari Faiza Zayya Mirza, Haya Un’azra dan Khansa Fidealya.

Sementara itu best speaking juara satu diraih oleh Raisa At Thahira dari SMA Negeri 3, juara dua Mulya Aqsa asal sekolah SMA Negeri 10 Fajar Harapan, juara tiga Muhammad Zawil Wafa Al Hafizh, ketiganya merupakan perwakilan dari Kota Banda Aceh.