Prestasi

Nadira Yasvina Lulusan SMAN 10 Fajar Harapan Raih Nilai UTBK Tertinggi Se-USK

 

BANDA ACEH – SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh kembali menorehkan prestasi terbaik, selain berhasil meluluskan tiga orang siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) luar negeri melalui jalur Seleksi Beasiswa Indonesia Maju (BIM) tahun 2024.

Kali ini, Nadira Yasvina (18) berhasil memperoleh nilai tertinggi pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) se-Universitas Syiah Kuala (USK) lulus di Fakultas Kedokteran (FK).

Atas prestasi Nadira itu, Kepala SMA Negeri 10 Harapan, Dr Anwar MEd menyerahkan piagam penghargaan dan sejumlah uang di ruang guru SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Senin (10/7/2024).

Kata Anwar, dia merupakan putri dari Yarmen Dinamika, Redaktur Harian Serambi Indonesia. Pada penyerahan penghargaan ni turut didampingi ibunda Nadira, dr Yurlida.

“Pihak sekolah sangat bangga atas prestasi yang diraih Nadira meraih nilai tertinggi masuk PTN pada jalur UTBK di FK USK,” kata Anwar.

Dikatakannya, untuk lulus di FK USK bukan saja siswa yang berasal dari Aceh, tapi siswa yang berasal dari luar Aceh mengincar fakultas tersebut.

Anwar menyampaikan, selama ini Nadira kami jadikan tutor untuk membahas materi UTBK bagi teman-teman sebaya yang duduk di kelas XII, dan nantinya menjadi tutor sebaya bagi adek kelasnya dengan catatan tidak mengganggu aktifitas perkuliahannya.

Terpisah, Pembantu Rektor I Bidang Akademik USK, Prof Dr Ir Agussabti MSi saat dikonfirmasi meyampaikan, Nadira Yasvina memperoleh nilai tertinggi se-USK yang lulus di Fakultas Kedokteran.

“Fakultas Kedokteran merupakan fakuktas yang memiliki akreditasi unggul di Universitas Syiah Kuala,” sebut Agussabti.

Agussabti merincikan nilai Nadira, Tes Potensi Skolastik yaitu, Kemampuan penalaran umum (793,29), Kemampuan kuantitatif (786,57), Pengetahuan dan pemahaman umum (688,33), Kemampuan memahami bacaan dan menulis (657,61).

Sedangkan Tes Literasi Bahasa yakni, Literasi Bahasa Indonesia (731,07), Literasi Bahasa Inggris (725,37). Teakhir Tes Penalaran Matematika (776,6).

“Pihaknya merasa bangga, karena tes jalur UNBT tahun 2024 ini, siswa dari Aceh memiliki nilai tertinggi masuk USK bukan siswa dari luar Aceh,” ungkap Agussabti.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marhunis ST DEA menyampaikan ucapan selamat atas capaian UTBK yang tinggi ini mencerminkan bahwa kualitas pembelajaran di SMA Negeri 10 Fajar Harapan sangat baik.

“Saya berharap capaian ini menjadi inspirasi bagi para siswa di Aceh dan sekolah dalam menyiapkan diri untuk mendapatkan nilai lebih baik secara rata-rata pada UTBK tahun depan,” ujar Marhunis.

Ia juga berharap ananda Nadira dapat membagikan pengalaman dan resep sukses kepada teman-teman juniornya di sekolah dan juga manajemen sekolah Fajar Harapan dapat sharing pembelajaran bagi sekolah lainnya.(*)