Tak Berkategori

Kunjungan Sosial Siswa SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh ke Dayah Wakaf Barbate Disambut Hangat Para Santri

Siswa-siswi, Kepala Sekolah dan Guru SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh foto bersama dengan para santri, ustadz, dan Pimpinan Yayasan Wakaf Barbate Islamic City (YWBIC) saat melakukan kunjungan sosial ke Dayah Wakaf Barbate Blang Bintang

 

Dayah Waqaf Barbate Kebun Kurma Blang Bintang, Aceh Besar mendapat kunjungan siswa-siswi SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh yang didampingi oleh sejumlah guru dari sekolah tersebut, Jumat (23/02/2024).

Rombongan yang berjumlah 165 siswa-siswi dari kelas XII ini merupakan rangkaian kegiatan sosial yang dijalankan oleh pihak sekolah dengan mengunjungi pondok pesantren atau Dayah Wakaf Barbate disambut hangat oleh para santri.

Kepala SMAN 10 Fajar Harapan Dr. Anwar, S.Pd.,M.Ed memberikan sambutannya, sangat berbangga siswanya dapat melihat dan merasakan langsung siswa lain yang belajar dan berbeda dari segi ekonomi dengan mereka. Pertemuan seperti ini harus menjadi pembelajaran buat siswa bukan hanya untuk saat ini tetapi juga untuk masa depan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah juga menyampaikan sejumlah petuah atau nasihat untuk siswanya dan untuk para Santri Dayah Wakaf Barbate.

“Saya merasa bangga dengan kunjungan ini terutama dengan dukungan penuh dari para guru SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh,” tuturnya.

Sementara Ketua Yayasan, Prof Sofyan memperkenalkan Santri Tahfiz dari Dayah Waqaf Barbate yang saat ini berjumlah 35 orang. Mereka, kata Prof Sofyan, berasal dari putra putri dari 15 kabupaten/kota di Aceh, berasal dari keluarga Yatim dan Duafa sehingga semua biaya pendidikan mereka tidak berbayar (free).

“Begitupun dalam waktu dekat, yayasan akan merekrut 25 sd 30 santri baru untuk tahun ke-3 dari beberapa kabupaten lain lagi,” kata Sofyan.

“Untuk itu kami membutuhkan dukungan semua pihak termasuk yang hadir di dayah hari ini sangat diharapkan,” tambahnya.

Kegiatan kunjungan sosial siswa SMAN 10 Fajar Harapan ini berlangsung secara tertib dan dalam suasana penuh keakraban. Dinobatkan sebagai pembawa acara Rahadatul Nadya, yang sukses memimpin jalannya acara.

Pada akhir rangkaian, Muhammad Andrian, seorang siswa memimpin pembacaan doa bersama dan diakhiri dengan penyerahan sumbangan melalui Yayasan dari SMAN 10 Fajar Harapan dari donasi (sedekah) siswa. Juga sumbangan individu yang langsung diberikan kepada santri dan ustaz.

Acara diakhiri dengan photo dan makan bersama sebelum para siswa bergerak pulang. Ikut serta Pimpinan Dayah dan ustaz yang mengajar di Dayah ini dan sejumlah guru juga hadir.