Sosialisasi Penanganan Covid oleh Sastgas Covid-19

Banda Aceh, Rabu Tanggal 16 September 2020, Masa Pandemi Corona yang sedang melanda dunia memberikan ke khawatiran dan kecemasan yang begitu mendalam. Keadaan ini ikut berdampak pada seluruh elemen, termasuk dunia pendidikan. SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Aceh ikut serta merasakan dampak dari pandemi ini.  Oleh karena itu, Tim Satgas Covid dari Polda Aceh melakukan kunjungan ke SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dalam rangka mensosialisikan penanganan Virus Covid-19 (dengan mengikuti protokol kesehatan). Sosialisasi ini dihadiri oleh Bapak Kepala Sekolah, Perwakilan Guru dan Staff  Tata Usaha, serta Tim Gugus Covid Sekolah. 

Dalam kegiatan sosialisasi ini, membahas mengenai pencegahan Pandemi Covid-19 yang sudah dalam zona siaga (merah gelap), khususnya Banda Aceh dan Aceh Besar. Pada pertemuan ini juga, Bapak Zakaria sebagai salah satu Tim Satgas Covid Polda Aceh,  mengimbau kepada siswa/i:

  1. Wajib menjalankan Protokol Kesehatan : pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang penting.
  2. Siswa/i tidak dibenarkan duduk atau berkumpul-kumpul di warung kopi, pasar, mall, café, dan lain-lain. Jika kedapatan oleh Tim Gugus Covid akan di berikan sanksi berupa; nama siswa dan nama orang tua siswa akan dicatat dan akan di kirimkan ke sekolah sebagai catatan kepribadian siswa tersebut. 
  3. Menghindari pertemuan, berkumpul-kumpul di ruangan tertutup dan di tempat keramaian.
  4. Bagi siswa/i yang kedapatan tidak menggunakan masker, akan diberi sanksi berupa denda uang dan sanksi sosial, seperti membersihkan halaman masjid, menyanyikan lagu wajib nasional, dll. 

Hal ini bertujuan untuk menekan angka kenaikan pasien positif covid yang semakin hari semakin bertambah. Oleh karena itu, Tim Satgas Covid-19 Polda Aceh sangat berharap agar siswa/i dapat mematuhi segala peraturan protokol kesehatan. 

Selain Tim Satgas Covid-19 dari Polda Aceh, SMAN 10 Fajar Harapan juga memiliki Tim Satgas Penaganan Covid-19 yang di Ketuai oleh Ibu Nanda Fitrina, S.Pd. Dalam pertemuan ini, Tim Satgas Penanganan  Covid-19 SMAN 10 Fajar Harapan  juga mengimbau agar para orang tua peserta didik untuk selalu mengingatkan anak-anak agar menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas sehari-hari dan mematuhi segala aturan yang telah disampaikan oleh Tim Satgas Penangan Covid-19 Polda Aceh. 

Dalam pertemuan ini, Bapak Kepala Sekolah Muhibbul Khibri, S.Pd, M.Pd, mengatakan, “Kita terus memantau dan mengetahui bahwa Kota Banda Aceh adalah saat ini masih zona merah. Sesuai regulasi tiga Menteri, kita belum diizinkan untuk tatap muka. Keselamatan dan keamanan serta kesehatan siswa menjadi prioritas utama bagi pihak sekolah. Langkah dan upaya untuk pembelajaran tatap muka selalu kita siapkan. Namun, kondisi di lapangan yang terus mengalami penambahan pasien positif Covid-19. Dalam hal ini pun, Pemerintah Daerah serta Tim Gugus Covid-19  belum mengizinkan pembelajaran tatap muka. Maka upaya terbaik saat ini, kita terus menjaga diri dan selaku orang tua agar tetap memotivasi anak-anak kita untuk terus belajar. Berikan pemahaman yang efektif terhadap bahaya covid-19 ini. Mari sama-sama kita menjaga agar anak-anak kita terus belajar (walaupun secara daring) karena inilah solusi yang terbaik saat ini sebagai perwujudan pembelajaran untuk anak kita. Kami menyadari semua kita ingin anak-anak tetap sekolah. Termasuk kami para guru sangat merindukan kehadiran anak-anak kembali ke sekolah. Namun karena situasi begini, kita harus mampu berdoa kepada Allah SWT agar harapan kita semua terwujud dan di jauhkan kita semua dari bahaya virus ini.”